BLANTERVIO103

Sahrul Pahmi Rio Dusun Air Gemuruh Mendapat Gelar Adat Datuk Ngebi Suto Nalago Dari Wakil Bupati Bungo H Safrudin Dwi Apriyanto

Sahrul Pahmi Rio Dusun Air Gemuruh Mendapat Gelar Adat Datuk Ngebi Suto Nalago Dari Wakil Bupati Bungo H Safrudin Dwi Apriyanto
7/16/2020

Jambarpost.com, Bungo- bertempat di lapangan kantor camat Bathin III Kabupaten Bungo Kamis (16/07/2020). Sahrul pahmi, Rio Dusun air gemuruh resmi mendapat gelar adat Datuk ngebi suto nalago.

Acara Penyerahan sekaligus Pengukuhan Gelar yang dihadiri Langsung Wakil Bupati Bungo H Safrudin Dwi Apriyanto tersebut, Sahrul pahmi Rio dusun air gemuruh di damping istri tercinta dan keluarga besarnya.

Untuk diketahui, Gelar adat ,Datuk, merupakan sebuah gelar Adat tradisi sebuah  budaya kabupaten  Bungo yang melambangkan patuh kepada pemimpin yang tertinggi .Dengan melambangkan sebuah kepala kerbau Dalam arti apa pun Perkara Adat tradisi di Dusun Datuk  dengan secara musyawarah bersama sudah dapat  memutuskan dalam satu perkara.

Sebagai pemangku adat di dusun Kami titipkan keris nan sabilah untuk Datuk pegang pakai dalam mengatur anak buah dan masyarakat di dusun Agar berjalan di ateh yang iluk jiko Datuk berjalan jauh bertemu unak nan mengkait akar yang merintang jalan pakai lah keris iko untuk meretas nyo agar jalan lancar.

Dalam sambutan Drs Asri MM camat Bathin III Kabupaten Bungo Menyampikan ucapan terimakasih kepada wakil Bupati Bungo H Safrudin Bersama unsur forkopimda yang telah meluangkan waktu serta kesempatan secara langsung Meresmikan gelar adat  Datuk kepada Sahrul pahmi ,yang ada di kecamatan Bathin III Dari Dusun air gemuruh, dan kami berharap kepada Datuk Rio yang sudah menerima gelar adat ini akan selalu taat patuh kepada Adat istiadat kabupaten Bungo yang tidak pernah lari dari ketentuan Adat istiadat kabupaten Bungo , yang benar benar harus memahami adat negeri sepucuk Jambi sembilan lurah Dan bisa menyusun menetapkan permasalahan sesuai dengan adat yang Ter ico terpakai.

Sementara itu, Wakil Bupati Bungo H Safrudin Menyampikan ucapan selamat kepada Sahrul Pahmi Datuk Rio yang telah menerima amanah Dari masyarakat dusun air gemuruh kecamatan Bathin III Kabupaten Bungo.

" Atas nama pemerintah kabupaten Bungo tentunya menitipkan Tanggung jawab serta amanah kepada  Datuk Rio jadi kan lah gelar adat  Datuk Rio ini sebagai pemimpin yang penuh tanggung jawab selalu berjiwa besar,  adat  merupakan salah satunya sendi Islam yang tinggi ,adat bersendi sarak sarak bersendi kitabullah jadi jangan pernah kita semua Husus nya  Datuk Rio salah memakai dan meletakkan Adat bukan pada tempatnya," Kata H.Syafrudin

Turut hadir dalam acara pengukuhan gelar adat Datuk Datin di kecamatan Bathin III Kabupaten Bungo , istri Bupati Dr,Hj, Verawati,Spd,M,of,wakil Bupati Bungo  berseta istri sekda Bungo Mursidi seluruh unsur forkopimda , Damramil kepala Kapolsek kota Ivan Rifai,camat Bathin III, Rio. Datin,ketua BPD tokoh masyarakat kecamatan Bathin III. (edi)
Share This Article :
JambarPost

TAMBAHKAN KOMENTAR

7372650422351102218