• Jelajahi

    Copyright © Media Online
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Menuju Desa Cerdas Berteknologi, Launching Administrasi Digital Desa Sumber Agung dan Ayunda

    JambarPost
    5/22/2024, 18:58 WIB Last Updated 2024-05-22T11:58:34Z

    Jambarpost.com, Tebo- Guna meningkatkan pelayanan kepada Masyarakat, dan bertekad menjadi Desa cerdas dengan pemanfaatan  teknologi  informasi secara optimal untuk pelayanan  publik, Pemerintah Desa Sumber Agung melakukan Launching  Administrasi Digital Desa Sumber Agung (ADI De SA) dan Aplikasi Pelayanan Kependudukan di Desa (AYUNDA), Rabu (22/05/2024)


    Dalam hal ini Gubernur Jambi yang di Wakil Stap Ahli Gubernur Bidang pemerintah politik, H. Husairi, S.IP, ME, meresmikan Digitalisasi Desa Sumber Agung dan Ayunda, yang di hadiri PJ Bupati Tebo yang diwakili Asisten II Setda Tebo Joko Ariawan, SP, Dinas Dukcapil Tebo Drs. Supriyanto, Ketua Komisi I Tebo Karno, A.Md, Dinas PMD Abdul Malik, SPt, ME, Kadis Kominfo Drs Erwanto, ME, Kapolres Tebo yang diwakili, Camat Rimbo Ilir, SH, Eko Yulianto, SE, Kapolsek Rimbo Ilir Iptu Sriyanto, Kades dalam Kecamatan Rimbo Ilir, Seluruh tamu undangan lainnya.

    Kepala Desa Sumber Agung Muryadi, A.Md dalam Sambutannya, mengucapkan syukur Alhamdulillah bisa hadiri di Desa Sumber agung, mudahan lancar tidak ada halangan suatu apapun, sehingga Desa Sumber Agung dapat melaksanakan Launching Administrasi Digital Desa Sumber Agung dan Aplikasi Pelayanan Kependudukan di Desa (AYUNDA).

    Sejalan dengan perkembangan jaman, zaman dan penerapan informasi dalam pelayanan publik merupakan suatu tuntutan teknologi informasi yang berkembang pesat pada saat ini. Dengan adanya dukungan aplikasi layanan masyarakat berbasis digital yang berisikan format pelayanan surat dan pelayanan administrasi desa yang dapat diakses dari rumah dan informasi-informasi perkembangan Desa Sumber Agung secara berkala yang dapat diakses masyarakat pengguna internet yang merupakan tindak lanjut dari undang-undang nomor 14 tahun 2008 tentang keterbukaan informasi publik. 
    Tujuan terbangunnya ADI De SA ini adalah 
    1. memudahkan masyarakat dalam memperoleh pelayanan administrasi 
    2. Memberikan informasi seluas-luasnya kepada masyarakat 
    3. Sebagai sarana komunikasi antara warga masyarakat dengan pemerintah Desa Sumberagung.

    Kami menyadari bahwa aplikasi pelayanan administrasi di desa Sumberagung masih jauh dari kesempurnaan, baik dari peralatan dengan ruangan pelayanan kami masih relatif belum mendukung oleh karena itu pada kesempatan ini untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat kami meminta kepada bapak untuk membantu kami dalam pengadaan alat misalnya pengadaan mesin anjungan dukcapil mandiri guna mencetak dokumen kependudukan. Besar harapan kami Bapak Gubernur mengabulkan permohonan kami ini.

    Perlu kami sampaikan bahwa Desa Sumber Agung tahun 2024 ini mewakili Provinsi Jambi dalam lomba Posyantekdes dan juga bersaing pada kegiatan percontohan Desa anti korupsi yang baru penyelesaian tahap pemberkasan, yang dibina dan dipandu oleh inspektorat kabupaten Tebo. Kami mohon doa akan dukungan untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

    Selanjutnya kami ucapkan terima kasih kepada semua pihak baik dari Pemda Kabupaten Tebo DPRD kabupaten Tebo serta seluruh masyarakat desa Sumberagung. 
    Kritik dan saran yang membangun dari semua pihak sangat kami harapkan demi kesempurnaan program Adi Desa ini. 

    Dengan Motto Serentak Galah Serengkuh Dayung Kabupaten Tebo Kebanggaan warga Desa Sumber Agung semoga launching Adi Desa dan Ayunda berjalan khidmat menuju Jambi Maju, melaju, mantap 2024.

    Sekertaris Desa Sumber Agung Sugianto, S.Pd  memaparkan pelayanan Administrasi Digital Desa  Sumber Agung  (ADI De SA) dan Aplikasi Pelayanan Administrasi di Desa (AYUNDA) disampaikan bahwa tujuan digitalisasi Desa adalah memudahkan pelayanan bagi masyarakat, dalam ADI De SA masyarakat dapat membuat berbagai jenis surat secara mandiri  dirumah melalui aplikasi DIGIDES, 
    Sedangkan AYUNDA, untuk pelayanan Adminduk, cukup datang ke Kantor Desa untuk membuat KK baru,  Akta Lahir, Akta Kematian, ataupun Perbaikan Elemen Data Kependudukan dalam kepengurusannya tidak perlu lagi datang ke Kantor Dukcapil Tebo.

    “Keterbukaan dan kemajuan teknologi pada era digitalisasi ini harus bisa dirasakan oleh kita dan generasi berikutnya dalam pelayanan informasi publik dan akses yang mudah tanpa menyulitkan. Pemanfaatan teknologi informasi ini, juga dibutuhkan untuk kemudahan dan penyelesaian tugas Pemerintah Desa,”ungkap sekdes

    Bagi masyarakat yang sudah memiliki ponsel berbasis Android, cukup dengan mengakses aplikasi dari genggaman untuk kebutuhan pengurusan administrasi yang dibutuhkan secara cepat. Minimal 1 rumah memiliki perangkat ponsel Android. (Ade)

    Komentar

    Tampilkan