• Jelajahi

    Copyright © Media Online
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Gerakan Intervensi Serentak Pencegahan Stunting Kecamatan Rimbo Ilir di Puskesmas Alai Ilir

    JambarPost
    6/10/2024, 21:41 WIB Last Updated 2024-06-10T14:41:21Z

     

    Jambarpost.com, Tebo- Gerakan intervensi Serentak Pencegahan Stunting di Kabupaten Tebo tahun 2024 
    Dalam hal ini, Pemerintah Kabupaten Tebo juga turut andil dalam menyukseskan Intervensi Serentak Pencegahan Stunting Tahun 2024 ini dengan menggelar kegiatan di semua Posyandu se-Kabupaten Tebo. Di mana untuk kegiatan tingkat Kabupaten Rohil khususnya di Kecamatan Rimbo Ilir di pusatkan di Puskesmas Alai Ilir yang dihadiri langsung Wakil Pj Bupati Tebo, H. Varial Adhi Putra, Senin (10/06/2024).

    Pj. Bupati Tebo H. Varial Adhi Putra dalam arahannya meminta supaya seluruh ibu dapat menjaga serta membesarkan balita dengan baik dan senantiasa memperhatikan kesehatan terhadap balita agar tidak terkena kasus stunting. mengingat masih belum banyak orang tua yang paham seperti apa ciri anak stunting. "Saya minta para ibu dapat memperhatikan kesehatan balitanya, Harus perhatikan betul balita kita, bila menyusui fokus begitu pula saat memberi mereka makan,".


    Diterangkannya, Stunting adalah salah satu faktor yang menyebabkan tinggi badan anak lebih pendek dibandingkan dengan anak-anak seusianya. Anak dapat dianggap mengalami stunting jika berat badan dan tinggi badannya telah diukur serta hasilnya tidak sesuai, atau berada di bawah rata-rata standar. "Kita berharap gerakan Intervensi Serentak Pencegahan Stunting ini dapat menurunkan kasus stunting di Kabupaten Tebo. Dan untuk bumil, bayi dan balita diharapkan dapat rutin datang ke posyandu untuk melakukan penimbangan dan pengukuran, pemeriksaan kesehatan dan pemberian imunisasi lengkap serta asupan gizi tambahan pada anak, sehingga perkembangan kesehatan anak dapat dideteksi," harapnya.


    Ditempat yang sama, Kepala Puskesmas Alai Ilir Sumian, SKM,  mengatakan bahwa pelaksanaan Intervensi Serentak Pencegahan Stunting  Tahun 2024 di Kabupaten Tebo , Kecamatan Rimbo Ilir yang dipusatkan di Puskesmas Alai Ilir untuk mendorong percepatan penurunan stunting. Untuk itu pemerintah melakukan penyelenggaraan intervensi serentak penurunan kasus stunting dengan melakukan pengukuran dan penimbangan pada balita dan pemeriksaan kesehatan pada ibu hamil serta calon pengantin. "Diharapkan cakupan Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) kita dapat berperan aktif dalam melakukan pencegahan stunting dengan memberikan pelayanan kesehatan di puskesmas maupun di posyandu masing masing," harapnya. 


    Dalam pencegahan stunting, dikatakan Sumian semua pihak terkait melalui lintas program dan lintas sektor dilibatkan sehingga satu dengan lainnya dapat berkoordinasi dalam gerakan pencegahan dan penurunan kasus stunting di Kecamatan Rimbo Ilir.

    Terkait kegiatan penyelenggaraan Intervensi Serentak Pencegahan Stunting Tahun 2024 di Puskesmas Alai Ilir,  hari ini melakukan Penimbangan berat badan balita 100%   Pengukuran lingkar lengan atas (Lila) 

    Dan lingkar kepala 100%,  Pengukuran tinggi badan 100% , Intervensi sesuai tata tatalaksana 100%, penyuluhan Stunting,  imunisasi 100% , screening ibu hamil dan calon pengantin (catin)100%.
    Pemeriksaan Kesehatan, Penimbangan dan pengukuhan seluruh bayi 0-5 tahun, edukasi pencegahan santing, edukasi masalah gizi seimbang, pelayanan KB gratis, dan imunisasi. 

    Sementara itu, Camat Rimbo Ilir Eko Yulianto, SE saat di wawancara  mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang terkait dalam penyelenggaraan Intervensi Serentak Pencegahan Stunting Kabupaten Tebo Tahun 2024  "Kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak terkait yang sudah mempercayakan kegiatan penyelenggaraan Intervensi Serentak Pencegahan Stunting di Kecamatan Rimbo Ilir ini diamanahkan kepada Kecamatan Rimbo Ilir yang di pusatkan di Puskesmas Alai Ilir untuk memfasilitasi penyelenggaraan kegiatan ini. Alhamdulillah antusias masyarakat untuk menghadiri kegiatan Intervensi Serentak Pencegahan Stunting ini begitu tinggi.," ungkap Camat. 


    "Saya berharap setelah dicanangkannya Intervensi Serentak Penurunan Stunting ini, seluruh Desa dalam Kecamatan Rimbo Ilir segera menindaklanjuti arahan Bapak Pj. Bupati Tebo dengan harapan di akhir Desember Tahun 2024 tidak ada lagi balita stunting di Kecamatan Rimbo Ilir."Harapnya.

    Kegiatan ini di hadiri Pj. Bupati Tebo, Doktor. H.Varial Adhi Putra, ST. MM beserta Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Tebo Hj. Tanty Harvianti SE, Perwakilan Kepala BKKBN Provinsi Jambi Dra. Sri Banun Saragih Silalahi, Unsur Forkopimda Kabupaten Tebo, Sekretaris Daerah Kabupaten Tebo Drs. Teguh Arhadi Para Kepala OPD, Pengurus PKK Kabupaten Tebo, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan KB H. Jumrah, Sekda Tebo Drs .Teguh Arhadi  Dinas Kesehatan dr. Riana Elizabeth, S, MKM, , Sp, Camat Rimbo Ilir Eko Yulianto, SE, Kepala Puskesmas Alai Ilir Sumian, SKM, Danramil 416-07/ RB Kapten Inf Wakhid Nurohim, Kapolsek Rimbo Ilir Iptu Sriyanto, seluruh Kades dalam Kecamatan Rimbo Ilir, ibu hamil dan balita dan tamu undangan lainnya. (Ade)

    Komentar

    Tampilkan