BLANTERVIO103

Manfaat Buah Zuriat, Benarkah Bisa Bikin Cepat Hamil?

Manfaat Buah Zuriat, Benarkah Bisa Bikin Cepat Hamil?
6/07/2020

Jambarpost.com- Ada seribu satu cara yang bisa dilakukan agar pasangan cepat dapat momongan. Dilansir dari MEDANINEWS.ID, . satu cara yang cukup difavoritkan oleh orang Indonesia adalah dengan makan buah zuriat.

Buah ini cukup susah ditemukan di Indonesia, namun mudah didapatkan di negara Timur Tengah. Maka dari itu, buah zuriat sering dijadikan titipan saat ada kerabat dekat yang pergi ibadah ke Tanah Suci. Namun, apa benar buah ini benar-benar bisa bikin cepat hamil?

Apa itu buah zuriat?

Buah zuriat atau biasa disebut sebagai buah doum punya nama latin Hyphaene thebaica. Buah ini juga dikenal akrab sebagai pohon palem Afrika. Habitat aslinya berada di sekitar hulu sungai Nil, Mesir.

Buah doum memiliki bentuk bulat seukuran 6 x 5 cm, berwarna kuning hingga coklat. Buah ini punya rasa seperti manis seperti roti jahe. Maka dari itu zuriat juga sering disebut sebagai buah gingerbread.

dijadikan minuman tradisional masyarakat Mesir. Doum biasa diekstrak dan diminum airnya untuk mendapatkan manfaat kandungan antioksidan yang baik untuk tubuh.
Apa benar buah zuriat bisa bikin cepat hamil?

Belum ada penelitian valid yang menyatakan bahwa buah zuriat ampuh menyuburkan kandungan. Namun, penelitian yang dilakukan di Mesir mengatakan bahwa buah doum punya kandungan antioksidan.

Mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung antioksidan kemungkinan baik untuk regenerasi sel reproduksi.

Senyawa antioksidan bekerja dengan cara menghilangkan oksigen reaktif, di mana senyawa ini dihasilkan secara alami oleh tubuh. Pada saat Anda mengalami stres, tubuh akan menghasilkan kadar oksigen reaktif yang cukup tinggi, ini disebut dengan stres oksidatif.

Stres oksidatif dapat merusak sel-sel, termasuk sel telur (ovum) dan sperma yang penting untuk reproduksi. Mengurangi stres oksidatif dalam tubuh sama artinya dengan meningkatkan kesehatan reproduksi yang dapat memperbesar peluang kehamilan.

Apa saja manfaat buah zuriat?

Selain potensinya yang baik untuk menunjang kesehatan reproduksi, peneliti juga menemukan manfaat lain dari buah zuriat. Beberapa di antaranya adalah:

1. Mengurangi plak lemak dalam pembuluh darah
Penelitian di atas menemukan kandungan turunan fenol, seperti tirosol 3-OH, asam E-vanillic, catechin, dan asam klorogenat yang tinggi. Selain itu, ditemukan juga kandungan asam alpha-coumaric, asam cinnamic, p-coumaric acid dan coumarin.

Penelitian lain tahun 2014 menemukan bahwa fenol dalam ekstrak air buah zuriat dapat mengurangi kondisi hiperlipidemia pada sindrom nefrotik dan bermanfaat menurunkan risiko penyempitan atau penebalan arteri (aterosklerosis).

2. Mengandung vitamin B kompleks

Selain tinggi antioksidan, buah doum juga diyakini kaya akan vitamin B kompleks (B1, B2, B3, B6, B9 dan B12)

Namun sayang, merebus buah zuriat terlalu lama dapat mengurangi jumlah vitamin B, kecuali vitamin B1 yang sedikit meningkat.

3. Manfaat lainnya

Selain itu, ada juga manfaat kandungan flavonoid pada ekstrak buah zuriat. Flavonoid, berfungsi sama seperti antioksidan lain, mencegah radikal bebas yang merusak sel-sel di dalam tubuh. Selain itu, zat flavonoid ini juga memiliki sifat antihistamin, antimikroba, dan dapat meningkatkan daya ingat dan mood. (**)

Sumber; MEDANINEWS.ID
Share This Article :
JambarPost

TAMBAHKAN KOMENTAR

7372650422351102218