BLANTERVIO103

Agar Tertata dan Bersih, Pasar Lebak Bungur Tebo Bakal Disulap jadi Pasar Modern

Agar Tertata dan Bersih, Pasar Lebak Bungur Tebo Bakal Disulap jadi Pasar Modern
2/14/2023


jambarpost.com,   TEBO – Kabupaten Tebo sebentar lagi bakal memiliki pasar modern. Pasalnya pasar tradisional Lebak Bungur yang ada di Kelurahan Pasar Kec Tebo Tengah tersebut nantinya lebih tertata dan bersih.

Informasi yang dirangkum media ini menyebutkan Pemkab Tebo mendapatkan dana Tugas Pembantuan (TP) dari anggaran pendapatan belanja negara (APBN) Kemendag RI tahun 2023 untuk pembangunan pasar di tiga lokasi.

Pj Bupati Tebo H Aspan dikonfirmasi, merasa bersyukur Tebo bakal memiliki pasar modern. Dirinya menyebutkan, dari seribuan lebih proposal yang masuk ke Kementerian perdagangan (Kemendag RI) untuk tahun 2023 ada 54 Kabupaten/Kota yang mendapat dana TP termasuk Tebo satu-satunya di Provinsi Jambi.

“Kemarin mereka sudah datang ke Tebo melihat lokasi dan sekarang sedang menyusun kelengkapan pelaksanaannya, karena Satuan kerja (Satkernya) diserahkan kepada Kabupaten,” ucap Aspan meyakini.

Progres pembangunan pasar modern ini juga kata Aspan, bukan sampai tahun ini saja. Bahkan untuk tahun2024 mendatang Pemkab Tebo bakal mendapatkan Dana Alokasi Khusus (DAK) terutama untuk pasar tradisional.

“Tahun 2024 yang mereka sudah pastikan yaitu pasar Sungai Bengkal dan Rimbo Ulu, yang lokasinya sudah dilihat kemarin oleh mereka dari Kemendag, “ungkap Aspan lagi.

Aspan memastikan untuk mendorong pembangunan pasar Lebak Bungur, karena tahun 2023 ini mendapat dua lokasi. Dari APBD untuk merehab pasar yang ada, kemudian lokasi pasar Lebak Bungur, yang di belakang dapat bantuan dari Kemendag, anggarannya mungkin tidak kurang Rp 5 milyar untuk dua lokasi itu.

Berkaitan dengan hal itu Kepala dinas (Kadis) Prindagnaker Tebo Nurhasanah melalui Kabid perdagangan Edi Sofyan membenarkan apa yang disampaikan oleh Pj Bupati Tebo tersebut.

“Berkat dukungan dan komitmennya Pj Bupati Tebo, dana TP dari pusat tersebut kita mendapat Rp 3 milyar. Selasa tanggal (7/2/2023) kemarin dua orang dari Kemendag RI sudah turun untuk mengecek lokasi pasar Tanjung Bungur yang akan di bangun, “beber Edi.

Edi meyakini, proses pembangunan pasar Lebak Bungur sudah pasti berjalan. Pasalnya beberapa waktu lalu pihaknya sudah dikunjungi oleh orang dari Kemendag positif 100 persen akan dibangun dan saat ini kelengkapan berkas sudah siap.  Mungkin tanggal 16 mendatang kami akan ke Jakarta untuk melengkapi review dan perencanaan RAB sampai tanggal (24/2/2023).

“Pra Daftar isian pelaksanaan anggaran (DIPA) nanti bulan Maret sudah ditenderkan dan DIPA nya nanti diawal April mudah-mudahan sudah jadi. Selain itu pasar yang akan di bangun tersebut berupa los bukan kios,” pungkas Edi. (een)

Share This Article :
JambarPost

TAMBAHKAN KOMENTAR

7372650422351102218