BLANTERVIO103

Fachrori Pertahankan WTP, Pemprov Jambi Delapan Kali Berturut Raih Opini WTP

Fachrori Pertahankan WTP, Pemprov Jambi Delapan Kali Berturut Raih Opini WTP
7/01/2020

Jambarpost.com, Jambi- Mendapat Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK RI pada tahun 2020 atas pemeriksaan laporan keuangan daerah Pemerintah Provinsi Jambi Tahun Anggaran 2019 bukanlah kali pertama bagi Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi, ini merupakan yang kedelapan kalinya.

Gubernur Jambi, Dr.Drs.H.Fachrori Umar,M.Hum dan jajaran Pemprov Jambi berhasil mempertahankan Opini WTP, sehingga secara berturut-turut Pemprov Jambi raih Opini WTP. Hal ini mencerminkan konsistensi dalam penyajian laporan keuangan.

Gubernur Jambi, H.Fachrori Umar menerima Opini WTP dari BPK dalam Rapat Paripurna Penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Pemerintah Provinsi Jambi Tahun 2019, yang berlangsung di Ruang Rapat Utama Gedung DPRD Provinsi Jambi, Selasa (30/6/20) sore.

Fachrori Umar menyampaikan apresiasi  terkait Opini dari BPK yang dinilainya merupakan buah hasil kerja keras bersama Pemerintah Provinsi Jambi dan DPRD Provinsi Jambi, termasuk pimpinan dan anggota DPRD Provinsi Jambi yang telah mendukung program Pemerintah Provinsi Jambi serta seluruh Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) beserta jajaran dalam pengelolaan keuangan daerah.

"Semoga apa yang telah kita kerjakan ini memberikan sumbangsih positif terhadap kemajuan Provinsi Jambi, alhamdulillah, kita menerima Opini WTP dari BPK atas pemeriksaan laporan keuangan Pemerintah Provinsi Jambi Tahun Anggaran 2019 dan ini merupakan yang kedelapan kalinya kita menerima Opini WTP," ungkap Fachrori.

Fachrori juga mengatakan, Berkaitan dengan pelaksanaan pembangunan sepanjang Tahun 2019 yang salah satu sumber pembiayaan melalui APBD Tahun Anggaran 2019, dalam sambutannya Gubernur Jambi mengakui telah dilaksanakan semaksimal mungkin, meskipun tidak seluruhnya dapat terlaksana sesuai  jadwal dan target yang telah ditetapkan.

"Walaupun dari sisi nominal serapan anggaran tidak optimal, namun capaian beberapa indikator makro daerah pada Tahun 2019 cukup baik, terutama terkait upaya penurunan kemiskinan dan pengangguran," kata Fachrori.
Fachrori mengungkapkan terima kasih kepada BPK Perwakilan Jambi yang telah mendorong perbaikan tata kelola keuangan daerah melalui catatan-catatan dan rekomendasi yang diberikan setiap tahunnya.

"Kami terus berupaya maksimal menindaklanjuti setiap catatan dan rekomendasi yang diberikan, dengan harapan terjadi peningkatan perbaikan tata kelola keuangan daerah dan pada waktunya nanti bisa mendapatkan Opini Wajar Tanpa Pengecualian Tanpa Catatan," terang Fachrori.

Fachrori mengingatkan semua Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemerintah Provinsi Jambi dan seluruh jajarannya untuk tidak berpuas diri dengan Opini WTP, namun harus dimaknai sebagai motivasi terus-menerus meningkatkan kinerja dan laporan keuangan.

"Kita wajib menyusun dan menyajikan laporan keuangan yang berkualitas dan akuntabel yang turut mendorong penyelenggaraan pemerintahan yang lebih baik dan kredibel," tegas Fachrori.(**/Hen)
Share This Article :
JambarPost

TAMBAHKAN KOMENTAR

7372650422351102218