BLANTERVIO103

Eka Wijaya, Sebagai Pemenang Nama Stadion Tebo, "Sri Maha Rajo Batu"

Eka Wijaya, Sebagai Pemenang Nama Stadion Tebo, "Sri Maha Rajo Batu"
12/21/2021

 

Jambarpost.com, Tebo- Pemerintah Kabupaten Tebo telah mengumumkan pemenang Sembara nama stadion Kabupaten Tebo, yang diusulkan oleh H. Eka Wijaya dengan nama stadion “Sri Maha Rajo Batu”, pengumuman itu digelar di ruang Sekda Kabupaten Tebo, Selasa (21/12/2021).

Mardiansyah Kadispora Kabupaten Tebo menyampaikan. Nama stadion Tebo “Sri Maha Raja Batu” nama itu sudah resmi digunakan, berdasarkan keputusan Bupati nomor 656 tahun 2021. Usulan itu sudah melalui prosedur telah melewati proses yang panjang dan melewati uji dari tim juri,” ucapnya

Pemenang  Sembara nama Stadion Tebo, H. Eka Wijaya mengatakan, nama “Sri Maha Rajo Batu” diambil dari mana pahlawan atau kesultanan Jambi yang bermukim dulunya di Desa Mangun Jayo. Lanjut Eka, ia mengambil Filosofi dari Sri Maha Raja Batu karena menyimpan banyak sejarah. Ia merupakan ahli waris dari Kesultanan Jambi dulunya ia sempat melarikan diri karena ada konflik keluarga yang hebat.

“Dalam pengasingan beliau, mampu mendirikan kerjaan Jambi ketika itu ia mendapat wilayah kekuasaan dari kerajaan Pagaruyung yaitu tujuh Koto, sebulan koto dan muara Tebo. “Ketiga wilayah itu dikuasainya selama 29 tahun,” jelas Lebih jauh Eka menerangkan, ternyata nama yang diusulkan itu selain menyimpan banyak sejarah juga ada singkatannya.

“Raja Batu singkatan dari Ramah, aktif, jaya Optimis, Betuah, Arif, Tangguh dan Unggul,” pungkasnya.

Hadir menyaksikan pengumuman Sembara nama stadion Tebo, Wakil Bupati Tebo dan tim dewan juri. (een)


Share This Article :
JambarPost

TAMBAHKAN KOMENTAR

7372650422351102218