BLANTERVIO103

Pondasi Proyek Puskesmas 1,6 M Menggunakan Batu Bata, diduga CV. Bintang Prasada Raup Keuntungan

Pondasi Proyek Puskesmas 1,6 M Menggunakan Batu Bata, diduga CV. Bintang Prasada Raup Keuntungan
9/29/2022

 

Jambarpost.com, Bungo- Dari pantauan awak media di lapangan terlihat jelas yang mana seharusnya sebuah pondasi bangunan gedung dan penambahan Ruang kerja Puskesmas mestinya memakai batu kali atau batu gunung, namun sangat di sayangkan CV. Bintang Prasada diduga menganti pondasi dengan batu bata.


Proyek pembangunan gedung dan penambahan Ruang kerja Puskesmas Rantau Pandan  pembangunannya  menelan anggaran sebesar Rp.1.626.442.000.

Dilokasi proyek ditemukan pasangan pondasi tidak menggunakan pasangan batu kali atau material Batu gunung melainkan menggunakan batu bata  yang ditambah dengan sloop balok, diduga demi meraup keuntungan besar proyek pembangunan gedung dan penambahan Ruang puskesmas  diduga tidak mengikuti juklak dan juknis ketentuan yang berlaku.

Kuat dugaan proyek pembangunan gedung dan penambahan Ruang Kerja Puskesmas Rantau Pandan ini dikerjakan tidak mempedomani specfikasi teknis dan tidak mengikuti gambar.

Untuk diketahui tahun ini ada lima Puskesmas yang ada di Kabupaten Bungo, Provinsi Jambi, yang mendapat proyek pembangunan gedung dan penambahan Ruang Kerja dari Pemerintah Pusat salah satunya Puskesmas Rantau Pandan. 

Dari lima proyek pembangunan gedung dan penambahan ruang kerja Puskesmas  yang saat ini masih dalam tahap proses pekerjaan hanya proyek pembangunan gedung dan penambahan ruang kerja Puskesmas Rantau Pandan yang dikerjakan oleh CV. Bintang Prasada  yang diduga menggunakan material batu bata sebagai material pondasi bangunan, ini diakui oleh (PPK) Dinas Kesehatan Bungo, sementara empat proyek yang sama material pondasi terlihat dari material batu gunung.

Sementara pejabat pembuat komitmen (PPK) Dinas Kesehatan Bungo saat di komfirmasi Media Jambarpost melalui pesan singkat WhatsApp mempertanyakan ada berapa proyek pembangunan gedung dan penambahan ruang kerja Puskesmas yang pondasi bangunan mengunakan batu bata bukan batu gunung bang, berarti cuma satu proyek yang di Rantau Pandan lah yang memakai pondasi batu bata Yo bang.

Dengan tegas dan singkat pejabat pembuat komitmen (PPK) Dinas Kesehatan Bungo menjawab, komfirmasi Media Jambarpost melalui pesan singkat WhatsApp pribadi nya, Yo dindo.

Sampai pemberitaan ini diterbitkan tim Media Jambarpost belum mendapatkan keterangan secara langsung dari pihak CV. Bintang Prasada terkait  tentang perubahan pondasi seharusnya material pondasi bangunan gedung dan penambahan ruang Puskesmas Rantau Pandan  menggunakan material bahan batu kali/batu gunung, mengapa material pondasi diganti batu bata. 

Sementara Mardiansyah selaku peneliti kontrak dari Dinas Pekerjaan Umum Bungo saat di konfirmasi Media Jambarpost melalui pesan singkat WhatsApp pribadi nya mempertanyakan, kok bisa bang pondasi mestinya memakai material batu kali atau batu gunung malah diganti dengan batu bata sejauh mana kajiannya bang.

Sangat di sayangkan komfirmasi dari pesan singkat WhatsApp Tim Media Jambarpost, Mardiansyah enggan menanggapi pesan dibaca namun tidak di balas, alias bungkam.

Diminta kepada BPK Perwakilan Provinsi Jambi, Kajati, Kajari Bungo, Tim dari Dinas Kesehatan Bungo untuk meninjau ulang terkait bangunan gudang dan penambahan ruang kerja Puskesmas Rantau Pandan, diduga demi meraup keuntungan besar CV. Bintang Prasada dengan sengaja menganti material batu kali atau batu gunung, dengan material Batu Bata. (Edi)

Share This Article :
JambarPost

TAMBAHKAN KOMENTAR

7372650422351102218