BLANTERVIO103

Gas 3 Kg Ilegal Banyak Beredar Di Tebo

Gas 3 Kg Ilegal Banyak Beredar Di Tebo
3/28/2023

 

jambarpost.com, Tebo – Penyaluran Tabung Gas Melon atau Gas Elpiji 3 Kg yang sampai saat ini masih disubsidi oleh Pemerintah pusat untuk masyarakat yang kurang mampu, punya aturan main dan proses penyalurannya ke masyarakat tidak asal – asalan. Demikian disampaikan Direktur PT Rimba Jaya Rahayu Lesatari, salah satu agen Gas Elpiji 3 Kg Kabupaten Tebo, Pitono.

Pitono menyebutkan bahwa prosedur suplay Gas Melon diawali dari Pertamina melalui SPPBE yang didistribusikan ke Agen yang berada di Kabupaten/Kota. Kemudian Agen tersebut memiliki Pangkalan disetiap Kecamatan dan Desa yang ditunjuk oleh Agen untuk menjual Gas dalam wilayah Kabupaten Agen tersebut berada.

Kemudian, Pangkalan dalam menjual Gas Melon ke masyarakat pun diatur dengan Rayon. Pangkalan dilarang menjual Gas Melon ke luar Rayon atau Pangkalan diperbolehkan menjual ke masyarakat dalam Kecamatan dimana Pangkalan tersebut berada.

Namun, Pitono mengungkapkan bahwa di Kabupaten Tebo banyak beredar ribuan Tabung Gas Melon dari luar Kabupaten Tebo seperti dari Bungo dan Dharmasraya. Padahal, hal itu tidak diperbolehkan karena sudah melanggar prosedur tentang distribusi Gas Eliji 3 Kg.

“Masuknya Gas Melon dari luar daerah di Kabupaten Tebo itu sebenarnya kewenangan Dinas Perindag Tebo dan aparat penegak hukum untuk melakukan tindakan, karena yang punya kapasitas untuk melarang dan menangkap itu Kepolisian. Penjualan Gas Melon diluar Rayon Kecamatan saja itu tidak bisa, apalagi ini yang terjadi antar Kabupaten,” jelas Pitono.

Ia pun berharap sebagai Agen penyalur Gas Melon di Kabupaten Tebo agar sama – sama menjaga Rayon masing – masing antar Kabupaten dan provinsi dan ia pun berharap terkait maraknya Gas Melon illegal beredar di Kabupaten Tebo, ada tindakan dari APH dan Dinas terkait ada penyaluran Gas melon di tiap daerah bisa berjalan dengan tertib dan aman.

Pitono pun membocorkan ciri – ciri khusus Tabung Gas Melon yang berasal dari luar Kabupaten Tebo seperti Tutup berwarna Putih dan khusus Kabupaten Tebo berwarna Hijau dan dari Bungo berwarna Orange.(ade)

Share This Article :
JambarPost

TAMBAHKAN KOMENTAR

7372650422351102218