BLANTERVIO103

Bupati Bungo Dampingi Gubernur Jambi Serahkan Penganugerahan Pemenang Juara 1 Kampung Mantap Lingkungan Hidup 2023 diraih Oleh Dusun Purwo Bakti

Bupati Bungo Dampingi Gubernur Jambi Serahkan Penganugerahan Pemenang Juara 1 Kampung Mantap Lingkungan Hidup 2023 diraih Oleh Dusun Purwo Bakti
12/16/2023

 

Jambarpost.com, Bungo- Gubernur Jambi Al Haris melakukan kunjungan ke Kabupaten Bungo, Kunjungan tersebut dalam rangka menghadiri Penganugerahan pemenang kampung mantap lingkungan hidup tahun 2023, 

Selain memberikan hadiah bagi pemenang, Gubernur juga ikut menanam pohon di bantaran Sungai batang Tebo Batang Bungo.

Sebagai salah satu bentuk perwujudan dari Program Batanghari Bersih, Pemerintah Provinsi Jambi melalui Dinas Lingkungan Hidup  menggelar penganugerahan Kampung Mantap.

Kampung Mantap sendiri merupakan program Dinas Lingkungan Hidup untuk mendukung cita-cita Gubernur dan Pemerintah Provinsi Jambi mewujudkan Sungai Batanghari Bersih.

Kegiatan penganugerahan pemenang Kampung Mantap ini diselenggarakan di taman babusek ayek, Dusun Tanjung menanti, Kecamatan Bathin II Babeko, Kabupaten Bungo, Sabtu (16/12/2023).

Didampingi Bupati Bungo, Gubernur Jambi Al Haris turut menghadiri dan memberikan hadiah bagi pemenang serta memberikan Insentif kepada bank sampah yang berprestasi.

Untuk kategori Kampung Mantap lingkungan hidup, Dusun Purwo bhakti dari kabupaten Bungo berhasil mendapat juara 1, Juara 2 diraih oleh desa teluk nilau dari kabupaten Tanjung Jabung Timur , sedangkan juara 3 diraih oleh Dusun Tanjung menanti dari Kabupaten Bungo.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Bungo H Mashuri menyampaikan terimakasih kepada Pemerintah Provinsi Jambi, khususnya kepada Gubernur Jambi Al Haris  yang telah mencanangkan program Batanghari Bersih, dikatakan oleh Bupati bahwa Kabupaten Bungo sebagian besar Sungainya telah tercemar oleh limbah plastik dan pertambangan ilegal.

Mashuri berharap dengan adanya program Kampung Mantap, dapat menyadarkan masyarakat untuk menjaga sungai dan melestarikan lingkungan. 

Di tempat yang sama, Gubernur Jambi Al Haris  mengatakan Pemerintah Provinsi Jambi pada tahun 2022 Telah melaksanakan pencanangan program Batanghari Bersih yang ditandai dengan penandatanganan naskah kesepakatan antara Gubernur Jambi dengan para Bupati/Walikota dalam Provinsi Jambi.

dikatakan oleh Gubernur ada sekitar 2 juta lebih penduduk Provinsi Jambi yang membutuhkan air bersih dari Sungai dan anak Sungai batanghari. 

Lebih lanjut, Al haris mengatakan Kampung Mantap Lingkungan Hidup merupakan  salah satu kegiatan untuk mensosialisasikan dan pembinaan masyarakat desa/kelurahan di sepanjang sungai Batanghari, Sungai Pengabuan dan anak sungai lainnya di 
Provinsi Jambi, kegiatan ini juga diajarkan bagi masyarakat tentang pengelolaan sampah rumah tangga, pembentukan Bank Sampah, penanaman pohon di sempadan sungai serta 
mendorong kegiatan lainnya untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap upaya peningkatan kualitas sempadan Sungai dan Air Sungai.

Lenny Maryani selaku Datin Rio Dusun Purwo Bakti menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada gubernur Jambi, Bupati Bungo dalam program Batanghari bersih Pemerintah propinsi Jambi Alhamdulillah berkat kerjasama seluruh elemen masyarakat dusun Purwo Bakti pada program kampung Mantap lingkungan hidup tahun 2023 Dusun Purwo Bakti berhasil Meraih juara 1. (Edi)

Share This Article :
JambarPost

TAMBAHKAN KOMENTAR

7372650422351102218