BLANTERVIO103

Tercampur Dengan Dapil Jambi, Belasan Ribu Surat Suara DPD RI Dapil Lampung Nyasar ke Tebo

Tercampur Dengan Dapil Jambi, Belasan Ribu Surat Suara DPD RI Dapil Lampung Nyasar ke Tebo
1/15/2024


Tebo JP– 18 ribu surat suara DPD RI dapil Lampung nyasar ke TEBO.

Surat suara Pemilu 2024 di Tebo terjadi human eror. Di mana, dari hasil sortir KPU setempat, ditemukan ada sekitar 18 ribu surat suara untuk DPD RI Dapil Provinsi Lampung.

Surat suara DPD RI dapil Lampung ini ditemukan bercampur dengan suara DPD RI Dapil Jambi.

Ketua KPU Kabupaten Tebo, Atiul Fuadiyah mengatakan, temuan ini telah disampaikan ke KPU Provinsi Jambi untuk ditindak lanjuti. 

Kita temukan surat suara untuk DPD RI Lampung, kurang lebih jumlahnya itu 18 kotak, dan dalam 1 kotak itu isinya 1.000 lembar surat suara. Jadi kurang lebih temuannya 18 ribu,” ujar Atiul Fuadiyah, Ketua KPU Tebo.

Dengan terjadinya surat suara DPD RI dapil Lampung nyasar ke Tebo ini, membuat surat suara di Tebo kekurangan sebanyak kurang lebih 18 ribu.

Untuk itu pihak KPU Tebo langsung melakukan koordinasi untuk dilakukan pergantian. 

“Artinya kita terjadi kekurangan 18 ribu surat suara untuk DPD RI itu,” pungkas Atiul.

Dengan adanya surat suara DPD RI dapil Lampung nyasar ke Tebo, KPU Tebo langsung memisahkan 18 ribu surat suara tersebut dalam kategori surat suara rusak. 

Pasalnya di dalam ketentuan distribusi logistis pemilu, apabila terjadi salah kirim maka surat suara tersebut dinyakan rusak dan tidak bisa dipakai.

Dalam aturannya kalau pengiriman surat suara ini salah maka dia masuk posisi kertas surat suara rusak tidak bisa dipakai,” jelas Atiul Fuadiyah.

Selain itu, KPU Tebo juga menemukan sejumlah surat suara untuk DPD RI Dapil Provinsi Jambi yang rusak, seperti terkena noda ataupun yang lainnnya. 

Sehingga pengiriman yang dilakukan perusahaan bisa dilakukan serentak, bersama dengan kekurangan surat suara akibat salah kirim tersebut.(een)

Share This Article :
JambarPost

TAMBAHKAN KOMENTAR

7372650422351102218