BLANTERVIO103

Pembukaan ikatan Pencak Silat Bupati CUP 1 Kabupaten Bungo 2019.

Pembukaan ikatan  Pencak Silat Bupati CUP 1  Kabupaten Bungo  2019.
11/01/2019


Muarabungo Jp- Ikatan Pencak Silat Kabupaten Bungo  menyelenggarakan Kejuaraan Pencak Silat OPEN Bupati CUP 1 Tahun 2019.

Kegiatan tersebut digelar  kamis 31.oktober-3-November.2019) di Gedung Dispora  Kabupaten BUNGO yang diikuti oleh seluruh perguruan silat yang ada di  kabupaten Bungo yang berjumlah sekitar 240. peserta, dimana terbagi menjadi 2 SMP.dan katagori pelajar SMA.juga beberapa peserta dari kabupaten tetangga yaitu tebo.sungai penuh Dan damasraya. perguruan dan utusan peserta diberikan kesempatan seluas-luasnya untuk mengikuti berbagai katagori yang di perlombakan.

Kejuaraan pencak silat   OPEN Bupati  CUP tahun 2019 ini terselenggara berkat kerjasama bupati Bungo berserta jajaran semua pihak yang turut berpartisipasi antara  gabungan pesilat muda kabupaten Bungo (GPM)dan dibawah naungan induk organisasi ikatan pencak silat Indonesia (IPSI) husus Nya  kabupaten Bungo turut peduli dalam rangka pelestarian seni budaya Indonesia yaitu seni budaya pencak silat. Oleh karena itu (GPM) mewujudkan kepeduliannya terhadap pencak silat melalui event kejuaraan pencak silat.kabupaten Bungo .2019.

Dalam sambutan ketua pelaksana . ozano Akbaron .  mengatakan, Pencak Silat sebagai aspek mental spiritual, aspek seni budaya, aspek bela diri dan aspek olahraga serta warisan budaya bangsa Indonesia dalam perkembangannya telah berhasil mengangkat harkat dan martabat bangsa Indonesia baik dalam lingkup regional maupun internasional.

Sebagai warisan leluhur yang bersifat positif, Pencak Silat menjadi jati diri bangsa Indonesia dan sudah sepantasnya jika Pencak Silat diajarkan di usia dini serta kepada generasi muda penerus bangsa demi menjaga kelestarian Pencak Silat itu sendiri.

“Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Kabupaten  bungo salah satu wadah perguruan pencak silat dan pelestari pewaris budaya. Ikatan Pencak Silat Indonesia Cabang Kabupaten BUNGOdengan segenap daya upaya selalu berusaha melestarikan Pencak Silat baik sebagai seni budaya, olahraga, beladiri kepada lembaga-lembaga pendidikan, generasi muda, dan masyarakat  pada umumnya, sehingga dapat terwujud serta dapat membentuk generasi muda yang berbudi pekerti luhur tahu benar dan salah, kuat fisik, mental dan spiritual yang mampu menangkal segala pengaruh negatif. Salah satu langkah kongkrit dalam perwujudan hal tersebut dengan menggelar Kejuaraan Pencak Silat  OPEN Bupati CUP 1 Kabupaten Bungo Tahun 2019,” tujuan dari kegiatan ini pasti Nya kami harapkan bisa lebih berprestasi lagi standar kompetisi bisa lebih meningkatkan sehingga bukan hanya juara I di provinsi Jambi dan bisa menjadi juara I nasional.pungkas Zano.

Dalam sambutan Bupati Bungo H.Masuri.SP.ME. mengatakan , kejuaraan ini selain untuk melestarikan seni budaya bangsa dan kecintaan kepada pencak silat serta dapat mencetak atlet-atlet Pencak Silat dari seluruh perguruan yang ada di Kabupaten Bungo . Serta hasil dari kejuaraan lomba tersebut akan diikutkan sebagai peserta pada Kejuaraan Pencak Silat di Tingkat Propinsi  . yang akan datang.

“Tentu tujuan dan manfaat dari kegiatan ini adalah untuk Melestarikan budaya sebagai jati diri Bangsa Indonesia, Meningkatkan ketahanan jasmani dan rohani, Membina dan pembentukan sikap kepribadian dan rasa cinta generasi muda terhadap budaya bangsa kita sendiri serta mencetak atlet-atlet pencak silat di Kabupaten Bungo ini ” jelasnya.

Kegiatan ini sendiri sambungnya, mempertandingkan berbagai katagori baik dewasa maupun remaja dengan berbagai kelas baik perorangan maupun beregu.

“Wasit Juri yang akan bertugas dalam pertandingan ini adalah Wasit Juri yang berasal dari Propinsi 16 orang dan di bantu oleh 5orang wasit dari. Kabupaten Bungo diantaranya  seksi pertandingan .yaitu  .Revani kasih Mai yolanda.shara Agraini.Rizki Ramadhani.indah Dwi apriliani.Nurul Ramadhani   juara I  Mendapatkan “medali emas . dan sertifikat .Dan . juara II mendapatkan medali perak dan sertifikat . juara III medali perunggu . Kejuaraan ini memperebutkan 115 medali.28medaliemas 28 medali perak 56medali perungu..



Ketua  (Pengkab IPSI) kabupaten Bungo . Alfian.SM. menyampaikan apresiasi kepada pemerintah daerah kabupaten Bungo  yang telah turut peduli dan turut serta ikut melestarikan seni budaya terutama pencak silat yang ada di kab.Bungo. Dan hendaknya menjadi agenda tahunan bagi masyarakat kabupaten Bungo .untuk melaksanakan event pencak silat di Kab. Bungo.Semoga melalui kejuaraan ini akan lahir atlet atlet yang berprestasi baik di tingkat daerah, propinsi maupun nasional.

Ketua KONI Kabupaten Bungo  Khaidir Saleh.SH.MH. dalam sambutannya mengatakan, mendukung sepenuhnya atas apa yang telah di lakukan pengurus IPSI kabupaten Bungo dalam rangka mencetak atlet atlet yang berprestasi dengan harapan para pesilat dapat menunjukkan prestasi yang membanggakan bagi kabupaten Bungo

Pembukaan Kejuaraan Pencak Silat  OPEN bupati CUP I. tahun 2019 ini dihadiri oleh Bupati Bungo ketua Harian Pengprov IPSI Jambi H.Baharudin.se.me.ketua Pengkab IPSI Bungo ,  Para Ketua Perguruan, Ketua IPSI Kecamatan dan tokoh masyarakat kabupaten Bungo. Semoga pemerintah daerah dan propinsi selalu membimbing dan membina pesilat pesilat muda hingga bisa membanggakan nama baik kabupaten Bungo.(Edi).
Share This Article :
JambarPost

TAMBAHKAN KOMENTAR

7372650422351102218