BLANTERVIO103

SMK Negeri 1 Bungo Salah Satu Sekolah Pusat Keunggulan Yang Meraih SMK PK Se- Kabupaten Bungo

SMK Negeri 1 Bungo Salah Satu Sekolah Pusat Keunggulan Yang Meraih SMK PK Se- Kabupaten Bungo
7/30/2022

 

Jambarpost.com, Bungo- Sosialisasi dan (IHT) Implementasi kurikulum Program Merdeka SMK pusat Keunggulan SMK Negeri 1 Bungo Salah Satu Sekolah yang Meraih SMK PK Se kabupaten Bungo, Kegiatan sosialisasi bertempat di aula kantor SMK Negeri 1 Bungo dari tanggal (29/07/2022) hingga sampai pada tanggal (07/08/2022).


Dalam sambutan  Kabid SMK  Bukri SP. menyampaikan Program SMK Pusat Keunggulan bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang terserap di dunia kerja atau menjadi wirausaha melalui keselarasan pendidikan vokasi yang mendalam dan menyeluruh dengan dunia kerja serta diharapkan menjadi pusat peningkatan kualitas dan rujukan bagi SMK.


SMK Pusat Keunggulan merupakan program pengembangan SMK dengan kompetensi keahlian tertentu dalam peningkatan kualitas dan kinerja, yang diperkuat melalui kemitraan dan penyelarasan dengan dunia usaha, dunia industri, dunia kerja, yang akhirnya menjadi SMK rujukan yang dapat berfungsi sebagai sekolah pusat Keunggulan dan pusat peningkatan kualitas dan kinerja SMK. 

SMK Negeri 1 Bungo menjadi salah satu sekolah terpilih yang akan melaksanakan Program Sekolah Pusat Keunggulan dimana program ini merupakan salah satu Kebijakan Merdeka Belajar dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Republik Indonesia.


Program Sekolah pusat Keunggulan adalah upaya untuk mewujudkan visi Pendidikan Indonesia dalam mewujudkan Indonesia maju yang berdaulat, mandiri, dan berkepribadian melalui terciptanya Pelajar Pancasila.

Program Sekolah Pusat Keunggulan berfokus pada pengembangan hasil belajar siswa secara holistik yang mencakup kompetensi (literasi dan numerasi) dan karakter, diawali dengan SDM yang unggul (kepala sekolah dan guru).

Program Sekolah Pusat Keunggulan SMK  PK merupakan penyempurnaan program transformasi sekolah sebelumnya. Program Sekolah Pusat Keunggulan akan mengakselerasi sekolah negeri/swasta di seluruh kondisi sekolah untuk bergerak 1-2 tahap lebih maju. Program dilakukan bertahap dan terintegrasi dengan ekosistem hingga seluruh sekolah  SMKN di Indonesia menjadi Program Sekolah Pusat Keunggulan.


Oleh karena itu, untuk menciptakan SDM yang akan menunjang suksesnya Program Sekolah Pusat Keunggulan ini, SMK Negeri 1 Bungo melaksanakan Pelatihan Kompetensi berupa In House Training untuk Kepala Sekolah dan Pendidik demi terciptanya SDM yang unggul. Hal ini dilakukan dengan meningkatkan kualitas Kepala Sekolah dan Guru berdasarkan model-model pelatihan yang sudah terbukti efektif dalam meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar siswa.

Di kesempatan yang sama Kasi Kurikulum SMK , Harmonis ,Spd i. Juga menyampaikan kegiatan hari ini bagian dari program kegiatan SMK pusat Keunggulan yang di tetapkan oleh kementerian pendidikan dan kebudayaan Riset dan teknologi hari ini mereka mulai melaksanakan program ada peningkatan mutu bagi guru guru  ada program pemenuhan sarana dan prasarana yaitu berbentuk pembelian peralatan yang ada  ini merupakan program resmi dari kementerian, Jambi salah satu nya Sekolah SMK Negeri 1 Bungo ini pelaksanaan kegiatan tersebut . tutup Kabid kurikulum SMK.

Kepala SMK Negeri 1 Bungo , Dra.Hanura menyampaikan ucapan terima dan rasa bangga dengan terpilihnya SMK Negeri 1 Bungo sebagai salah satu Sekolah Pusat Keunggulan SMK PK di Sektor Wilayah Kabupaten Bungo Beliau menambahkan dengan terpilihnya sebagai Sekolah Pusat Keunggulan maka nantinya SMK Negeri 1 Bungo akan  meningkatkan kualitas belajar mengajar. oleh karena itu, SMK Negeri 1 Bungo terus meningkatkan kualitas SDM demi mendukung tercapainya tujuan sebagai sekolah pusat Keunggulan salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan melaksanakan Kegiatan Pelatihan-Pelatihan Kompetensi diberbagai Bidang Mata Pelajaran.

Pelatihan In House Training akan dilaksanakan selama 10 Hari dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas Pendidik dari berbagai Mata Pelajaran yang didukung dengan Instruktur, Fasilitator, dan Pendamping yang Profesional , tutup kepsek SMK Negeri 1 Bungo Dra, Hanura.

Hadir di acara sosialisasi dan (IHT) Implementasi kurikulum Program Merdeka SMK pusat Keunggulan SMK Negeri 1 Bungo 

Kepala sekolah SMK Negeri 1 Bungo Dra, Hanura, Kabid SMK Bukri SP,  Dr. ILHAM Khalid , SH.MH.Kabid GTK. Harmonis, Spd i , Kabid Kurikulum SMK , serta seluruh jajaran dewan guru SMK Negeri 1 Bungo. (Edi)

Share This Article :
JambarPost

TAMBAHKAN KOMENTAR

7372650422351102218