BLANTERVIO103

Acara Wisuda Tahfidz Al-Qur'an Angkatan 1 Tahun 2023, SMPN 2 Bungo Satu-satunya Sekolah Umum di Kabupaten Bungo Ciptakan 20 Siswa-siswi Tahfidz Al-Qur'an

Acara Wisuda Tahfidz Al-Qur'an Angkatan 1 Tahun 2023, SMPN 2 Bungo Satu-satunya Sekolah Umum di Kabupaten Bungo Ciptakan 20 Siswa-siswi Tahfidz Al-Qur'an
3/16/2023

Jambarpost.com,Bungo- SMPN 2 Bungo yang beralamat di kelurahan manggis kecamatan Bathin III kabupaten Bungo provinsi Jambi dibawah pimpinan kepala sekolah Hermawati . sukses melaksanakan kegiatan ekstrakurikuler tahfidz Al-Qur'an , sebanyak 20 peserta siswa siswi Tahfidz Al-Qur'an angkatan pertama tahun 2023.


Acara kegiatan wisuda tahfidz Al-Qur'an digelar dilapangan sekolah SMPN 2 Bungo Kamis tanggal (16/03/2023) Dengan mengusung tema “Wujudkan Generasi Qurani, Berkontribusi Membangun Negeri” SMPN 2 Bungo bertekad untuk menyiapkan generasi penerus bangsa yang berpedoman pada Al-Quran agar dapat berkontribusi dalam berbagai bidang kehidupan pada masa depan. 


Acara wisuda Tahfidz Al-Qur'an dihadiri Bupati Bungo dalam kegiatan ini diwakili  Bambang, asisten tiga , Kepala  kepala dinas pendidikan kabupaten Bungo ,Kemenag Bungo, sekretaris dinas pendidikan kabupaten Marjohan , Danramil Bungo Polsek kota Bungo, sekretaris camat Bathin III Bungo , lurah manggis,lurah sungai Binjai, Babinsa, ketua komite, wakil komite, seluruh kepala sekolah yang ada di wilayah kecamatan Bathin III Bungo, seluruh kepala SMPN dalam kota Bungo seluruh orang tua siswa siswi yang wisuda Tahfidz Al-Qur'an serta tamu undangan lainnya.

Dalam sambutan kepala sekolah SMPN 2 Bungo Hermawati menuturkan bahwa kegiatan Ekstrakurikuler dilaksanakan disekolah  setelah kegiatan belajar mengajar ( KBM ) dilaksanakan pada pukul 15,30 dilanjutkan dengan berbagai kegiatan ekstrakurikuler seperti Pramuka , futsal ,bola kaki termasuk kegiatan Tahfidz Al Qur’an dan kegiatan lainnya.


Diawali dengan uji hafalan sebanyak 35 siswa siswi SMPN 2 Bungo  yang ikut kompetisi Tahfidz Al-Qur'an diuji hafalan oleh tim ahli, ustadz, dan Pengawas  Setelah melakukan uji hafalan, sebanyak 20 peserta Tahfidz Al-Qur'an dinyatakan lolos  sebagai peserta Tahfidz Al-Qur'an SMPN 2 Bungo Sebagai bentuk apresiasi kepada siswa siswi yang telah berjuang selama lebih kurang setahun dalam menghafal Al-Quran ada yang sudah hapal empat juz, tiga juz, dua juz dan satu juz  pada hari ini kami dari pihak sekolah yang berkerjasama dengan pihak komite sekolah SMPN 2 Bungo memberikan apresiasi berupa piala tetap, sertifikat penghargaan, samir dan mahkota.

Anak-anak penghafal Al-Quran tidak hanya mendapat pahala kebaikan untuk dirinya sendiri, tetapi juga memberi kebaikan untuk orang tuanya. Oleh karena itu, mahkota yang baru saja tersemat di kepala wisudawan diberikan kepada orang tua. Wisudawan juga bersimpuh kepada orang tuanya masing-masing. Iringan instrumen dan puisi yang dibacakan pemandu wisuda dan perwakilan orang tua wisudawan membuat suasana menjadi haru. orang tua, wisudawan, dan segenap tamu undangan yang hadir tampak tak bisa membendung air mata.


Kami dari keluarga besar SMPN 2 Bungo berharap kepada pemerintah daerah terutama Kepada bupati Bungo kedepannya  agar dapat disediakan rumah Tahfidz Al-Qur'an  dalam kawasan sekolah SMPN 2 Bungo ini.

karena saat ini siswa hanya belajar dimushollah yang ukuran nya sangat kecil sehingga tidak mampu menampung lebih banyak siswa lagi” ucapnya.

Selain itu ia juga berharap kepada pihak dinas pendidikan untuk menambah ruang kelas baru karena setiap tahunnya siswa SMP Negeri 2 Muara Bungo selalu bertambah apalagi sekarang baru pertama SMP di kabupaten Bungo yang ada program Tahfidz yakni di SMP negeri 2 Muara Bungo Kami dari pihak sekolah berharap kecenderungan orang tua dan siswa untuk masuk ke SMP ini akan lebih meningkat lagi.

Kepada kemenag kami berharap adanya penempatan guru khusus Tahfidz Al Qur’an agar program ini bisa berjalan dengan baik, tutur Kepsek Hermawati.


Dikesempatan yang sama dalam Sambutan sekretaris dinas pendidikan kabupaten Bungo Marjohan , Kami sampaikan selamat kepada anak-anak kami yang sudah berhasil diwisuda tahfidz Al Quran ada yang sudah hapal empat juz tiga juz Dua juz dan satu juz Tidak semua anak di usia kalian mampu mencapai ini. Kami juga sampaikan selamat kepada orang tua/wali wisudawan. Ini adalah sebuah capaian yang tidak semua orang tua/wali siswa SMP Negeri di Kabupaten Bungo  mendapatkannya. Hanya ada di SMPN 2 Bungo ini yang betul-betul membuat sebuah langkah yang mungkin belum terpikirkan oleh SMP lain. Dan ini akan saya jadikan sebuah best practice bagi semua SMP negeri di Kabupaten Bungo untuk bisa mereplikasi di sekolah masing-masing, Kami sangat mengapresiasi program hafalan dan wisuda tahfidz Al Qur'an Semoga nanti akan ada wisuda tahfidz angkatan kedua,ketiga, keempat, dan seterusnya. Semoga SMP Negeri 2 Bungo menjadi sekolah unggulan di Kabupaten Bungo Provinsi Jambi, tutup Marjohan selaku Sekdis Pendidikan Kabupaten Bungo.

Setelah prosesi  penyerahan piala, piagam penghargaan wisuda tahfidz Al Qur'an  berupa piala tetap, sertifikat penghargaan, samir dan mahkota dilanjut penyerahan piala Oven turnamen pudsal tingkat SD se kabupaten yang di selenggarakan oleh pihak komite SMPN 2 Bungo beberapa hari sebelum nya dalam memperebutkan piala bergilir dari dinas pendidikan kabupaten serta piala tetap dari SMPN 2 Bungo serta jutaan uang tunai juara 1 turnamen pudsal tingkat SD diraih oleh SDN 144, juara 2 SDN 81 juara 3 diraih SDN 101 dan juara 4 dirahih Diniyah Rimbo tengah Bungo, acara demi acara berjalan sukses lancar. (Edi)

Share This Article :
JambarPost

TAMBAHKAN KOMENTAR

7372650422351102218