BLANTERVIO103

Pembukaan MTQ Tingkat Kecamatan Bathin III Bungo Ke-VIII Dusun Teluk Panjang Sukses Menjadi Tuan Rumah

Pembukaan MTQ Tingkat Kecamatan Bathin III Bungo Ke-VIII Dusun Teluk Panjang Sukses Menjadi Tuan Rumah
5/18/2023

 

Jambarpost.com, Bungo- Musabakoh Tilawatul Qur'an Tingkat Kecamatan merupakan salah satu wajib dan rutin tahunan Pemerintah Daerah Kabupaten Bungo dibawah pimpinan Bupati Bungo H.Mashuri selalu dilaksanakan di wilayah Kecamatan Bathin III Bungo untuk Tahun 2023 MTQ tingkat Kecamatan Bathin III ke-VIII Dusun Teluk Panjang dipercaya sebagai tuan rumah.

MTQ merupakan kegiatan untuk memotivasi generasi agar lebih menjadi manusia Qur'ani, juga dilaksanakan untuk menumbuhkan keinginan untuk mempelajari Al -Qur'an dan menjadikan pedoman dalam kehidupan.

Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) tingkat kecamatan Bathin III Bungo dilaksanakan selama tiga hari dari Tanggal 17-19 Mai 2023. 

Sebelum melaksanakan MTQ, Ke-VIII di Dusun Teluk Panjang pelaksanaan Pawai Ta’aruf merupakan salah satu agenda wajib kegiatan yang selalu dilaksanakan dan diikuti oleh seluruh peserta MTQ  tingkat Kecamatan yang berasal dari Lima Dusun Tiga Kelurahan Antara Lain, Dusun Purwo Bakti, Dusun Air Gemuruh, Dusun Teluk Panjang, Dusun Lubuk Benteng, Kelurahan Bungo Taman Agung, kelurahan manggis,dan Kelurahan Sungai Binjai.

Dengan jumlah Masing-masing Kafilah sebanyak 206 orang untuk seluruh cabang perlombaan. Turut hadir pada acara MTQ tingkat kecamatan Bathin III Bungo ke-VIII Camat Bathin III Bungo Bupati Bungo, diwakili Kabag Kesra, Danramil Kota, Kapolsek kota Bungo, Anggota DPRD Bungo,Sugini, para OPD, Para Camat se kabupaten Bungo, Camat Bathin III Bungo,Novi Satria,S.sos Datuk Rio Dusun Teluk Panjang Amri Harun, para Datuk Rio Datin Rio Se kecamatan Bathin III, para Lurah, Kepala KUA Kecamatan Bathin III, para Dewa juri, para Babinsa, Para Babinkamtibmas para BPD se-kecamatan Bathin III Bungo.


Diawali Dengan Sambutan Ketua Panitia mengatakan waktu dan pelaksanaan MTQ ini akan dilaksanakan selama tiga hari tiga malam, mulai dari Tanggal 17 Mei  sampai Tanggal 19 Mei 2023.

Kegiatan MTQ ini akan Di Ikut Peserta Dalam Seleksi Tingkat Kabupaten,yang akan Di selenggarakan Nanti nya Untuk Seleksi Ke tingkat Kabupaten,Propinsi Dan Jika Allah Berkehendak Bisa Juga Sampai Ketingkat Nasional.

Secara khusus kami ucapkan terima kasih dan penghargaan yang sebesar-besarnya kepada pemerintah Dusun Teluk Panjang Yang selalu Berkerjasama dan ucapan terimakasih kami sampaikan kepada  Camat bahtin lll atas kepercayaan nya kepada kami warga Dusun teluk panjang  untuk menjadi tuan rumah pelaksanaan musabaqoh Tilawatil Qur’an yang ke VIII tingkat kecamatan bahtin lll ,”tutur ketua penitia.

Lanjut Dalam sambutan Datuk Rio Dusun Teluk Panjang, Amri Harun. mengatakan, melalui MTQ yang ke-VIII ini diharapkan bisa memberikan motivasi dan memberikan hasil yang sangat luar biasa bukan hanya menghasilkan bibit unggul, bibit berkualitas, sehingga bisa mewakili MTQ tingkat Kabupaten, Provinsi, dan Nasional.


Bahwa tujuan musabaqah Tilawatil Quran mendekatkan jiwa umat Islam kepada kitab suci Alquran bukan hanya membaca saja tetapi juga meningkatkan semangat untuk memahami serta mengamalkan dalam kehidupan kita sehari-hari sesuai dengan tema yang kami pilih “meningkatkan pemahaman melestarikan bisa dibaca Al-Qur'an serta mewujudkan generasi dalam bidang Alquran.

Dengan gemar membaca dan mengamalkan isi kandungan Alquran maka akan meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT, Selain itu setiap kita mempunyai kewajiban dan tanggung jawab terhadap kitab suci di antara kewajiban dan tanggung jawab itu adalah mempelajari dan mengamalkannya juga mempelajari bagaimana membaca Alquran yang baik.

Melalui MTQ ini diharapkan kepada masyarakat kecamatan bahtin lll mari menjadikan Alquran sebagai bahan bacaan dalam kehidupan kita sehari-hari, tutur Datuk Rio Amri Harun.

Dikesempatan yang sama Dalam Sambutan Bupati Bungo dalam kegiatan Pembukaan MTQ tingkat kecamatan Bathin III Bungo ke-VIII Didusu Teluk Panjang Yang disampaikan oleh Kabag Kesra Bupati Bungo H.Mashuri mengapresiasi semangat para kafilah dan para pemerintah Kecamatan, pemerintah Dusun, serta pemerintah kelurahan Rio,Lurah yang telah begitu matang mempersiapkan para kafilahnya untuk dapat ikut serta dalam MTQ tingkat Kecamatan Bathin III Bungo yang ke VIII. Tentunya pemenang MTQ Tingkat Kecamathan Bathin III ini akan diikut sertakan pada MTQ Tingkat Kabupaten nantinya” tutur Kabag Kesra.

Pembukaan MTQ tingkat kecamatan Bathin III Bungo ke -VIII ini di tandai dengan pemukulan Beduk oleh Camat Bathin III Bungo, Novi Satria.S.Sos didamping Datuk Rio Amri Harun, Para Datuk Rio Datin Rio, Para Lurah se- Kecamatan Bathin III Kabupaten Bungo acara Pembukaan MTQ Didusun Teluk Panjang sukses lancar. (Edi)

Share This Article :
JambarPost

TAMBAHKAN KOMENTAR

7372650422351102218