BLANTERVIO103

Camat Rimbo Ilir Prioritaskan Ketahanan Pangan dengan Memanfaatkan Pekarangan Kantor Kecamatan

Camat Rimbo Ilir Prioritaskan Ketahanan Pangan dengan  Memanfaatkan Pekarangan Kantor Kecamatan
2/06/2024

 

Jambarpost.com, Tebo- Camat Rimbo Ilir Eko Yulianto, SE Prioritaskan Ketahanan Pangan dengan memanfaatkan lahan kosong untuk di tanami sayur sayuran, dan tanaman toga.

Dalam hal ini camat Rimbo Ilir Eko Yulianto menerapkan Program P2L yang dikembangkan Kementerian Pertanian untuk diterapkan ke masyarakat Kecamatan Rimbo Ilir, untuk kelompok yang tergabung dalam Kelompok Wanita Tani. Sedangkan untuk kelompok tani yang memiliki lahan yang luas dapat mereplikasi kegiatan Pertanian Keluarga atau PKU yang juga dikembangkan oleh Kementerian Pertanian.

Iya juga mengatakan Program Pertanian Keluarga memiliki tujuan meningkatkan ketersediaan, keterjangkauan dan pemanfaatan pangan keluarga petani yang sesuai dengan kebutuhan gizi seimbang; mengentaskan daerah rentan rawan pangan; menguatkan daerah tahan pangan; dan meningkatkan pendapatan keluarga petani. Katanya 

Konsep pertanian keluarga yang saat ini bagaimana masyarakat rentan rawan pangan dapat melakukan kegiatan pertanian berkelanjutan sepanjang tahun untuk dapat memenuhi kebutuhan pangan dengan gizi yang baik dan peningkatan pendapatan keluarga.

Pengembangan produk pasca panen juga sangat penting untuk dikembangkan dalam rangka penumbuhan UMKM dan peningkatan ekonomi produktif. Hal ini juga berbanding lurus dengan peningkatan pendapatan masyarakat.

Pemberian makanan B2SA bagi ibu hamil, bayi, balita dan anak yang sedang dalam masa pertumbuhan juga menjadi sesuatu yang harus dilakukan sebagai upaya peningkatan status kesehatan masayarakat dan investasi masa depan. Bukan hanya bergizi baik tapi juga harus beragam, seimbang dan aman. Peningkatan status gizi akan berdampak pada menurunnya jumlah kasus stunting yang sedang menjadi salah satu penanganan prioritas di Indonesia.

Dalam menghadapi tantangan ketahanan pangan, penting untuk mendukung petani lokal dan mempromosikan pertanian berkelanjutan.

Dengan memperkuat sektor pertanian dan membangun kemitraan antara petani dan masyarakat, kita dapat meningkatkan ketahanan pangan dan mendukung pembangunan ekonomi di wilayah Kecamatan Rimbo Ilir.

“Ketahanan Pangan merupakan salah satu hal yang penting untuk diperhatikan, terutama di tengah situasi perubahan iklim dan krisis pangan global. Kita harus menjamin ketersediaan pangan yang cukup dan merata bagi seluruh masyarakat khususnya di Kecamatan Rimbo Ilir,” ucap Camat. 

Lebih lanjut Camat menyampaikan “Demi meningkatkan Ketahanan Pangan, Camat Rimbo Ilir Eko Yulianto mengajak semua pihak untuk bersinergi membangun ketahanan pangan bersama untuk menghadapi ancaman krisis pangan global,’’ Jelas Camat. (Ade)

Share This Article :
JambarPost

TAMBAHKAN KOMENTAR

7372650422351102218