BLANTERVIO103

Seni Budaya dan Prakarya, SDN 120 Suka Maju Kelas VI Ujian Praktek Memasak Pecal Lele

Seni Budaya dan Prakarya, SDN 120 Suka Maju Kelas VI Ujian Praktek Memasak Pecal Lele
5/15/2024

 

Jambarpost.com, Tebo-  Seluruh siswa kelas VI SDN 120 Suka Maju Desa Suka Jaya melaksanakan ujian praktik memasak untuk pelajaran Seni Budaya dan Prakarya Rabu (15/05/2024).


Siswa kelas VI yang dibagi 5 kelompok mengikuti ujian praktik Memasak dengan tim penilai dari Guru kelas Kelas IV Ermawati dan Guru kelas I Indri Prihatin, S.Pd.

Guru Kelas Sriyanta, S.Pd, SD mengatakan ujian praktik memasak kali tersebut mengambil tema 4 sehat 5 sempurna. “Ada makanan utama dan penutup. Intinya masakan harus mencakup 4 sehat 5 sempurna,” kata Sriyanta.

Menurutnya, ujian praktik tersebut akan dinilai tim juri dari dewan guru dari segi keterampilan para siswanya dalam cara penyajian, penataan makanan dan yang paling utama adalah dalam hal komposisi rasa bagaimana memasak dan membuat masakan tersebut, yang mengandung unsur empat sehat lima sempurna.

“Cara penyajian untuk penilaian pelajaran prakarya, memasak untuk penilaian pelajaran Seni Budaya,” katanya.

Disela kesibukan nya Kepala sekolah SDN 120 Suka Maju Tatik Jarwanti, S.Pd, SD mengatakan, tujuan kegiatan praktik dimaksudkan agar siswa lebih mengenal masakan 4 sehat 5 sempurna yang biasa disajikan sehingga termotivasi untuk membantu orang tuanya memasak di rumah.

“Siswa harus tahu cara membuat masakan agar cita rasanya lebih enak, cara penyajiannya, terciptanya rasa saling tolong menolong, kerjasama dalam satu kelompok dan untuk mengambil nilai ujian praktik mata pelajaran Seni Budaya dan Prakarya untuk memenuhi nilai akhir kelulusan siswa tersebut,” terangnya.

Dipraktik tersebut, siswa kelas VI berhasil mengolah masakan pecal lele. Hidangan penutup berupa macam-macam puding, buah-buahan, salad buah dan aneka es buah.

Menurutnya praktik tersebut mengajarkan mereka kerjasama dan saling membantu. “Tidak hanya kerjasama dan saling membantu dalam satu kelompok mereka saja, tapi juga antar kelompok yang lain,” pungkasnya. (Ade)

Share This Article :
JambarPost

TAMBAHKAN KOMENTAR

7372650422351102218