BLANTERVIO103

Fachrori, Pemuda Jambi Harus Jadi Subjek Pembangunan

Fachrori, Pemuda Jambi Harus Jadi Subjek Pembangunan
10/30/2019

Jambi Jp- Gubernur Jambi, Dr.Drs.H. Fachrori Umar,M.Hum menekankan bahwa pemuda pemudi Provinsi Jambi jangan hanya sebagai objek pembangunan, tetapi harus menjadi subjek pembangunan.

Hal itu dikemukakannya saat menjadi Pembina upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-91 Tingkat Provinsi Jambi tahun 2019, di Lapangan depan Kantor Gubernur Jambi, Senin (28/10).Upacara ini dihadiri oleh Forkopimda Provinsi Jambi, ASN, organisasi kepemudaan, TNI/Polri, pelajar, dan mahasiswa.

Untuk itu, Fachrori berharap agar pemuda pemudi Provinsi Jambi terlibat dalam pembangunan kepemudaan, melalui berbagai program/kegiatan pemerintah pusat, provinsi, kabupaten/kota, CSR, dan berbagai kegiatan masyarakat.

Gubernur menyatakan, sejarah perjalanan bangsa Indonesia membuktikan bahwa Sumpah Pemuda telah memberikan semangat dan motivasi baru bagi bangsa Indonesia untuk memperjuangkan nasib dan eksistensinya sebagai sebuah bangsa yang berdaulat.

"Untuk memberikan arti yang lebih mendalam akan arti penting semangat Sumpah Pemuda, maka bangsa ini perlu merekonstruksi dan mereaktualisasi nilai-nilai yang terkandung didalamnya. Sebagai bagian dari proses sejarah, jiwa dan semangat Sumpah Pemuda perlu diaktualisasikan tetap relevan di tengah perubahan zaman. Reaktualisasi jiwa dan semangat Sumpah Pemuda harus dimaknai sebagai upaya serius dalam menjaga integritas, karakter bangsa dan semangat nasionalisme di tengah berbagai tantangan yang melanda bangsa ini baik yang datang dari dalam negeri maupun sebagai akibat dari interaksi global," ujar Fachrori.

Fachrori menjelaskan, eksistensi bangsa ini di masa depan akan sangat ditentukan oleh seberapa jauh bangsa ini berdiri sama tegak dengan negara-negara lain dalam dinamika kehidupan internasional.

"Dalam kaitan ini, upaya membangun kembali jati diri bangsa harus didasarkan pada kemampuan nasional untuk membangun kompetensi bangsa sehingga mampu bersaing di era global. Aspek pembangunan SDM menjadi penting karena kompetensi dan daya saing merupakan bagian integral dari karakter bangsa yang harus diperkokoh," ujarnya.

Pada kesempatan tersebut, Pemerintah Provinsi Jambi menetapkan pemenang Pemuda Pelopor Tingkat Provinsi Jambi tahun 2019, masing-masing pemenang menerima piagam penghargaan dan uang pembinaan senilai Rp5.000.000. ( Tim)

Sumber, Humas Pemprov Jambi



Share This Article :
JambarPost

TAMBAHKAN KOMENTAR

7372650422351102218